Jika Hatimu Tertinggal Di Masa Lalu

Oleh: Nurwahidah Ramadhani


kumcer-jika
Sampul kumcer Jika dan Hanya Jika

Apa jadinya bila 13 penulis dengan berbagai potret kehidupan mengandai ‘Jika’ dalam lembaran kertas?

‘Jika’ hati memintamu mengulang kembali kenangan di masa lalu.

‘Jika’ membuatmu tak bergerak maju, justru menahan langkahmu untuk sekadar menoleh ke masa yang telah hilang?

‘Jika’ tak selamanya berisi sakit, ada rindu yang terselip, cinta yang terbungkam dan harapan yang mengangkasa.

Kumpulan cerita pendek ‘Jika’ membuat pembaca berandai-andai. Dengan bahasa yang sarat makna, buku ini mampu membuat emosi pembaca ditarik ulur oleh cerita yang ditulis para penulis.

‘Jika’ yang satu ini tak hanya bercerita dalam untaian kata namun menyuguhkan potret yang tertangkap lensa kamera.

Kisah Navita, sang tokoh dalam “Setumpuk ‘Jika’ di Manhattan” karya Alanda Kariza, ia menganggap dirinyalah penyebab keretakan rumah tangga orangtuanya, jika saja ia menggunakan tasnya dengan lebih berhati-hati maka ibu dan ayahnya tidak berpisah. Dilema pun melanda Navita, ia harus berjuang mencari sang ayah di kota Manhattan guna meminta restu agar ia bisa menikah dengan Leo, kekasihnya, –atau lebih tepatnya mencari jawaban atas tanya yang belum terjawab. Dengan hati ragu ia dan Leo menyusuri New York hanya untuk menyadari bahwa ayah yang dibelanya tak sebaik yang ada di pikirannya.

Ketika Citra dan Rana saling menunggu hingga Jumat sore keseratus lima puluh enam untuk mengungkapkan rasa klasik bernama cinta. Namun semuanya mengabur, kemudian berharap ‘Jika’ waktu dapat diputar kembali, duduk di sudut restoran tua, menjalani ritual Jumat sore dengan meneguk kopi, bersenda gurau dan bertukar cerita hingga akhirnya sebuah janji pada diri sendiri takkan pernah ditepati dalam kisah “Penantian Rana’ karya Desiyanti.

Nikmati sensasi emosi yang melanda ketika menyantap kesederhanaan bahasa ‘Jika dan Hanya Jika’, sebuah kumpulan 13 cerita pendek beserta reka hidup yang diabadikan dalam potret.


Judul Buku: Jika dan Hanya Jika
Penulis : Alanda Kariza dkk
Penerbit : GagasMedia
Cetakan : I, 2013
Halaman : ± 224 halaman

Iklan