Selamat pagi!

Wah, udah lama aku nggak nulis di blog ini. Setelah resmi jadi member BBI di awal Januari 2017 kemarin, aku dapat musibah (hp hilang pas naik angkot). Walaupun nggak bisa dijadikan alasan, namun hal itu mempengaruhiku untuk nulis blog karena biasa nulis dari hp. Hiks. 

Syukurnya, nggak butuh waktu terlalu lama untuk punya hp baru. Alhamdulillah ya.

#

Nah, di awal Januari 2017, aku sempat buat janji ke diri sendiri. Salah satunya adalah aku harus beli buku tiap bulannya (minimal satu). 

Untuk bulan Januari lalu, aku beli 3 buku. Haha.

1. Girls in the Dark (Akiyoshi Rikako)

Cover Buku Girls in the Dark (Dok. Pribadi)

Sejak aku menangin buku Holy Mother dari giveaway tahun lalu, aku pengen banget ngoleksi karya-karya Akiyoshi. 

Setelah googling dan cari info tentang Akiyoshi, ternyata ada 3 novelnya yang udah diterjemahkan yaitu: Holy Mother, Girls in the Dark dan The Death Returns. 

Nah, saat ke toko buku, aku putuskan untuk beli Girls in the Dark terlebih dahulu karena aku penasaran dengan gaya penulisan Akiyoshi di novel ini yang berbeda dari Holy Mother (satu kisah utuh) sedangkan Girls in the Dark ini mirip kumpulan cerpen.

Novel ini mengisahkan tentang misteri dari kematian Shiraishi Itsumi, ketua klub sastra. Itsumi mati dengan memegang setangkai bunga Lily dan tersebar rumor bahwa pembunuhnya adalah anggota klub sastra itu sendiri. 

Pada kegiatan akhir semester, klub sastra biasa melakukan Yami-nabe yaitu sebuah tradisi memasukkan bahan-bahan aneh yang dibawa masing-masing anggota ke dalam panci dan memakannya di dalam kegelapan.

Yami-nabe kali ini lebih menarik karena anggota klub diwajibkan menulis cerpen tentang Itsumi dan dugaan kematiannya serta membacakannya sambil menikmati hidangan dalam gelap. 

Lantas, sebenarnya siapa pembunuh Itsumi? 

Aku punya ketertarikan besar terhadap hal yang berkaitan dengan Jepang dan karena aku udah pernah baca Holy Mother, aku jadi semangat untuk membelinya dan supaya bisa langsung membacanya. Btw, bisa dibilang ini novel Jepang pertama yang kubeli. 

Harganya saat kubeli Rp. 65.000.

Hal yang membuatku tertarik dengan buku ini: Akiyoshi Rikako, Jepang, genre misteri, kumpulan cerpen.

Status: selesai dibaca.

2. Pasung Jiwa (Okky Madasari)

Cover Buku Pasung Jiwa (Dok. Pribadi)

Buku ini berada di barisan rak buku murah. Sudah cukup lama aku mendengar nama Okky Madasari namun baru kali ini bisa membeli karyanya. 

Alasanku membelinya cukup sederhana. Pertama, nama Okky sering disebut saat aku mencari tahu tentang Eka Kurniawan. Dari beberapa review, banyak yang mengatakan Okky penulis hebat dan rasanya aku perlu membaca minimal satu karyanya untuk membuktikan ucapan tersebut. Kedua, buku ini harganya cukup murah yaitu Rp. 20.000 saat aku membelinya. 

Aku sudah selesai membaca novel ini namun belum bisa membuat review lengkapnya.

Pasung Jiwa menceritakan tentang makna kebebasan dari sudut pandang Sasana dan Jaka Wani. Okky meramu tulisannya dengan gaya penulisan yang rapi dan menarik. Ia membuat pembaca mempertanyakan makna sebenarnya dari sebuah kebebasan dan menyisipkan kesadaran bahwa mungkin saja kita tidak pernah benar-benar bebas karena selama ini terpenjara dalam kungkungan tubuh dan pikiran, tradisi dan keluarga, norma dan agama serta ekonomi dan politik. 

Hal yang membuatku tertarik dengan buku ini: Okky Madasari, cover, Eka Kurniawan, harga yang cukup murah.

Status: selesai dibaca.

3. Menjadi Orang Tua Bijak di Era Digital, Media Moms and Digital Dads (Yalda T. Uhls, MBA, Ph.D)

Cover Buku Media Moms and Digital Dads (Dok. Pribadi)

Buku ini kutemukan di rak buku bagian parenting. Hehe.

Sebelum mencari novel, aku biasanya melihat rak buku parenting, kesehatan dan bahasa terlebih dahulu. 

Aku sama sekali nggak tahu dan nggak pernah dengar tentang buku ini. Namun, cover dan blurb-nya menarik minatku. 

Aku punya ketertarikan dengan buku yang menyuguhkan hasil penelitian terutama penelitian dari luar negeri apalagi buku ini bercerita tentang media. 

Setelah membaca beberapa bagian dari buku ini, aku semakin tertarik karena penulis menyuguhkan fakta tentang media di Amerika dan bagaimana orang tua bersikap terhadap media yang kini semakin berkembang. 

Harga saat aku membelinya Rp. 65.000.

Hal yang membuatku tertarik dengan buku ini: budaya Amerika, penelitian, media, cover, warna font tulisan hijau, parenting, gelar Ph.D pada penulis.

Status: masih dibaca.

#

Total belanja 3 buku itu Rp. 150.000. Hal ini membuatku memperbarui janji yaitu sebisanya beli buku tiap bulan (minimal satu) dengan total harga Rp. 150.000. 

Sekian curhatku kali ini. Gimana denganmu? Buku apa yang baru kamu beli dan kenapa kamu membelinya? Silakan share di kolom komentar ya. 

Terima kasih sudah membaca!

